Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk,Gunung Kidul, Yogyakarta

DSC_1036

Next….. Melanjutkan post sebelumnya tentang embung nglanggeran….

Setelah turun dari embung nglanggeran +- pukul 11.00 WIB kita cari makan  dan sholat dzuhur dulu.. Jam dinding menunjukkan pukul 12.45, lalu kita turun dari mushola ke loket pembelian tiket masuk gunung purba seharga 5000 IDR.. Tiket naik gunung purba sudah dipegang oleh kesebelasan ini yaa *kayasepakbolaajalho… J dan akhirnya bismilah kita mulai mendaki…

Oh iya,, sebelumnya jangan lupa minta catalog eko wisatanya ya pas di loket. Dari catalog brosur ekowisata gunung api purba nglanggeran disebutkan bahwa gunung ini pernah aktif 30-60 juta tahun yang lalu. Berada dukawasan Baturagung dibagian utara kabupaten Gunung Kidul dengan ketinggian 200-700 mdpl. Jarak tempuh dari kota Yogyakarta 25 km dengan jalur jalan Bukit bintang, jembatan kali penthung belok kiri 4km, menuju desa nglanggeran (Pendopo Joglo Kalisong/ Gunung Api Purba Nglanggeran).

Kita disambut oleh pendopo Joglo Kalisong di awal pendakian..

DSC_0817

Selanjutnya kita menuju ke pos I,  ada rangkaian ban yang didesaign mirip media untuk climbing.. berhubung saya senang dengan hal menantang, aku coba deh naik rangkaian ban yang tertempel di batuan tinggi..

DSC_0828

setelah menaiki rangkaian ban, untuk melanjutkan perjalanan menuju pos I kita harus melewati jalan sempit nanjak, dengan ukuran lebar tak lebih dari 80cm.. Jadi kalau yang agak gemuk harus jalannya miring untuk melewati ini..

DSC_0836

Alhamdulillah nyampai pos I, subhanallah ditakjubkan dengan kuasa illahi ini.. Teman – teman ber-10 udah pada diatas bukit, dan akunya masih dibawah alhasil bisa njebret teman2 dari bawah..

DSC_0856

View untuk disebelah timur pos I,

DSC_0890

Disebelah selatan

DSC_0882

Disebelah barat

DSC_0899

Setelah puas foto-foto kita melanjutkan ke Pos II, III, dan IV. Tampaknya teman – teman sudah agak kelelahan dan lemas, pada istirahat sambil tiduran di atas batu besar gini.. padahal tinggal sebentar lagi lho sampai puncak nya.. hehe..

DSC_0914

DSC_0912

Setelah sejenak istirahat dan beberapa dari kita minum sari kurma, lanjut ke puncak yang tinggal sebentar lagi katanya plang ini… hehe.. Naiklah kita, karena jalanan terjal dan licin (karena debu) maka jangan lupa pakai sepatu / sandal gunung ya sob biar lebih enak menguasai medannya..

Soalnya ada pengalaman ada teman yang naik pakai sandal merk terkenal, samapai bawah malahan tepes *pissMbSari.. hehe..

DSC_0936

DSC_0937

Alhamdulliah akhirnya kita sampai di puncak gunung gede,, *_^

DSC_0940

DSC_1036

Viewnya… Subhanallah…

Setelah merasa cukup, kita turun… kok jalannya pada jongkok – jongkok gitu ya?? Hehe… “Soalnya licin mb kalau pakai sandal / sepatu biasa”.. hahaha..

DSC_1046

lanjut turun ke bawah, ndilalah menemukan segerombolan bunga ungu yang unyu – unyu🙂

DSC_1081

Dann akhirnya nyampai bawah lagi dengan selamat,  temen2 bisa jajan dan beristirahat dibawah pohon bambu🙂

Have a nice triip…. thanksss kawan :))

DSC_1036

2 thoughts on “Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk,Gunung Kidul, Yogyakarta

  1. nurul says:

    mbak bagus banget ituuh😀 kalo mau kesana apa harus dengan guide ya? soalnya sy blm pernah kesana .. makasiih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s